Sabtu, 07 Januari 2017

KERAJINAN SANDAL BATIK

KERAJINAN SANDAL BATIK 


Banyak cara dilakukan untuk memasyarakatkan batik yang sudah diakui unesco sebagai warisan budaya Indonesia.  Salah satunya, melalui kerajinan sandal batik. Namun,  berbeda dengan sandal batik yang selama ini kita kenal,  sandal batik kreasi seorang perajin di Serengan,  Solo,  Jawa Tengah, ini tergolong unik. Tidak sekedar ditempel kain batik, namun,  diukir atau digambar langsung dengan solder khusus yang sudah dimodifikasi





Sekilas,  memang tidak ada bedanya,  sandal batik buatan perajin asal kampung Kemlayan,  Laweyan, Solo,  bernama Syafiq Jordan ini dengan sandal batik lain yang banyak beredar di pasaran. Namun, jika diperhatikan lebih cermat, sandal batik ini ternyata tidak ditempel dengan kain atau perca batik seperti biasa.  








Sandal batik,  yang disebut Syafiq,  sebagai sandal batik sanggit ini,  dibuat dengan cara diukir langsung menggunakan solder khusus. Setidaknya,  ada dua buah solder atau alat pemanas listrik, yang disiapkannya untuk membatik di atas sandal tersebut. Keduanya berbentuk pipih,  dengan ukuran yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar