Selasa, 10 Januari 2017

KESEHATAN

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan 

 

          Beberapa kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalam buah pepaya adalah vitamin A, B, C, air, kalsium, zat besi, protein, karbohidrat, kalium, niacin, lemak dan masih banyak lagi kandungan nutrisi yang ada di dalam buah ini.Buah pepaya terdiri dari beberapa jenis. Walau berbeda jenis, tetapi hampir sebagian besar memiliki manfaat yang sama. Salah satu jenis pepaya yang populer adalah pepaya california dan pepaya bangkok. Pepaya tersebut biasanya memiliki ukuran yang besar.

 

Khasiat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

 Pepaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan serta kecantikan. Umumnya buah ini dikonsumsi atau dimanfaatkan ketika sudah matang. Namun tidak hanya itu, buah pepaya yang masih muda juga sering dijadikan sebagai sayuran memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Di bawah ini merupakan beberapa manfaat dari buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan baik dijadikan sebagai jus atau dikonsumsi secara langsung.
Menjaga kesehatan pencernaan
Manfaat yang pertama adalah berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan. Seseorang yang memiliki pencernaan yang lancar tentunya ia akan memiliki tubuh yang sehat. Ini karena tubuhnya akan terhindar dari segala macam racun. Kandungan serta antioksidan yang terkandung dalam buah pepaya sangat baik untuk mengatasi hal ini. Oleh karena itu mulaillah untuk mengonsumsi buah pepaya agar pencernaan dan tubuh selalu sehat.
Menyehatkan mata
Yang kedua adalah dapat menyehatkan mata. Selain wortel, buah pepaya juga kaya akan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi buah pepaya di jam-jem tertentu, misalnya saja sehabis makan atau waktu istirahat mampu meminimalisir kerusakan dan gangguan pada mata.
Menjaga kesehatan kulit
Manfaat buah pepaya selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan kulii. Selain untuk kesehatan tubuh pepaya juga memiliki peranan penting dalam menjaga kecantikan kulit. Maka jangan heran jika Anda menemui berbagai macam produk kecantikan yang menggunakan ekstrak pepaya sebagai bahan campurannya. Ini karena pepaya kaya akan vitamin A, C, dan E yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.
Menangkal radikal bebas
Berikutnya dapat digunakan untuk menangkal radikal bebas. Radikal babas yang tidak ditangkal dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan seperti kanker kulit, penuaan dini dan kulit lebih mudah keriput. Oleh karena itu jika Anda tidak ingin telihat tua di usia muda, mulailah untuk mengonsumsi buah pepaya setiap hari secara rutin.
Mengontrol peningkatan kadar gula
Manfaat buah pepaya selanjutnya adalah sangat berguna untuk mengontrol peningkatan kadar gula dalam darah. Sehingga buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Meskipun memiliki rasa yang manis, buah pepaya tidak dapat membuat gula darah Anda meningkat. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin C yang ada di buah ini juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kulit buah pepaya juga dipercaya mampu membantu dalam penyembuhan luka yang terdapat di kulit.
Membantu mencegah kanker
Manfaat lain dari buah pepaya selanjutnya adalah mampu membantu mencegah kanker usus besar. Ini karena pepaya memiliki kandungan serta yang sangat tinggi. Buah pepaya juga mengandung zat lycopene yang baik untuk mencegah beberapa penyakit kanker.
Meningkatkan sistem imun
Anda dapat membuat jus pepaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Jus pepaya mengandung vitamin A dan vitamin C yang mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh. Dengan mengonsumsi jus pepaya secara rutin maka dapat mencegah penyakit deman, flu, dan hidung tersumbat.
Mengangkat sel kulit mati
Bagi Anda yang memiliki kulit kusam, Anda dapat mengonsumsi buah pepaya untuk membuat kulit Anda kembali normal. Buah pepaya mengandung vitamin A  serta papain yang sangat ampuh untuk eksfoliasi. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan dengan sedikit susu, kemudian Anda gunakan sebagai masker wajah. Anda juga dapat membuat scrub menggunakan pepaya yang dihaluskan kemudian dicampur madu dan minyak zaitun.
Melembabkan kulit
Buah pepaya mampu melembabkan kulit karena mengandung sodium yang cukup rendah dan memiliki kandungan air yang tinggi. Untuk mendapatkan kulit yang lembab, halus, dan bercahaya Anda dapat menghaluskan buah pepaya kemudian campurkan sedikit madu. Gunakan campuran tersebut sebagai masker dan diamkan 20 menit sebelum Anda membilasnya.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar